Gunung Sibayak Untuk Pendaki Pemula, Persiapkan Ini..

Pendaki gunung adalah kegiatan di luar lingkungan yang biasa dilakukan oleh para pecinta alam. Mendaki bukan hanya kegiatan yang melihat keindahan alam semesta namun banyak pengalaman yang didapat dalam kegiatan mendaki. Pada dasarnya orang yang suka mendaki belum tentu juga seorang pecinta alam.

Pecinta alam terbentuk karena adanya organisasi sebagai tempat untuk dapat menuangkan hobby cinta terhadap alam. Tujuan adanya organisasi atau komunitas yang dibentuk untuk mempererat tali silaturahmi dan berbagi pengalaman antar pendaki.

Bagi kamu yang memiliki kemauan untuk mendaki bisa langsung melakukannya tanpa harus sebagai anggota pecinta alam.

Pendakian bisa langsung dilakukan dengan review dari pemandangan Gunung Sibayak di bawah ini.

Gambar Gunung Sibayak

Gunung Sibayak adalah termasuk kelas gunung berapi aktif yang berada di dataran tinggi Karo, Sumatera Utara. Memiliki ketinggian Gunung Sibayak hampir sama dengan Gunung Salak sekitar 2200 meter diatas permukaan laut.

Jaluar pendakian Gunung Sibayak ini meskipun masuk pada kategori gunung berapi aktif, namun aman untuk jalur pendakian. Dan biasa menjadi jalur pendakian bagi pemula.

Untuk pendaki pemula harus memperhatikan banyak poin penting sebelum ke puncak Gunung Sibayak. Dan, tidak heran jika kamu melihat para pendaki sangat antusias terhadap tempat pendakian yang aman.

Ini juga tepat untuk pendaki pemula yang berkeinginan menuju puncak gunung dengan selamat, aman dan tempat strategis.

Dengan melihat review gunung sibayak menjadi pilihan destinasi para pendaki di akhir pekan. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendaki gunung sibayak.

Kesiapan Fisik

Sebelum melakukan pendakian sebaiknya melakukan pemanasan terlebih dahulu. Ada beberapa pemanasan yang perlu dilakukan untuk para pendaki khususnya pendaki pemula seperti, halnya melakukan peregangan otot dengan aktivitas berolahraga.

Bisa juga kamu melakukan latihan olahraga lainnya yang sesuai kemampuan fisik kamu namun porsinya ditambah melebihi porsi sebelumnya.

Kesiapan Mental

Kesiapan mental sama halnya dengan kondisi tubuh kamu. Ini sangat berpengaruh karena jika mentalnya tidak fit maka fisik kamu pun akan ikut tidak fit. Keadaan mental ini sulit untuk ditebak karena hanya diri sendiri yang memahaminya.

Maka jika mental kamu sedang tidak fit maka jangan memaksakan diri untuk tetap melakukan pendakian karena akan berakibat fatal.

Kesiapan Peralatan

Untuk peralatan bawalah kebutuhan kamu yang sesuai, hingga tidak menjadi beban pada pundak kamu. Dalam peralatan pun kamu harus menyiapkannya jauh-jauh hari karena kebutuhan kamu untuk mendaki adalah poin terpenting.

Peralatan pendakian yang dimaksud misalnya seperti jaket tebal, baju ganti, sepatu karet, senter, tenda, tikar dan batre secukupnya.

Kesiapan Transportasi

Transportasi ini termasuk kebutuhan pokok dalam mendaki. Untuk menuju gunung sibayak bisa menggunakan pilihan kendaraan.

Misalnya bisa menggunakan angkutan umum, ini jika lokasi kamu ke gunung sibayak tidak terlalu jauh. Bisa juga menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor jika kendaraan ini bisa sampai dengan rute perjalanan kamu menuju awal pendakian kamu di gunung sibayak.

Kesiapan Alat-alat P3K

Peralatan P3K sangat dibutuhkan untuk perjalanan pendakian karena di alam sulit menemukan obat-obatan ataupun kebutuhan P3K lainnya. Ini hanya untuk menjaga-jaga kondisi pada diri kamu saja. Supaya bisa mendapatkan pertolongan cepat jika terjadi kecelakaan kecil dalam perjalanan.

Cek Lokasi dan Cuaca

Mengecek lokasi pun penting sebab tempat yang akan kamu tuju harus tepat dalam hal keamanan dan keselamatan diri kamu.

Jika lokasinya tidak aman, maka kamu pun kurang meminati kembali untuk perjalanan-perjalanan berikutnya. Begitu juga dengan cuaca, cuaca ini termasuk kondisi alam yang tidak bisa diprediksi. H-2 sebelum keberangkatan kamu pastikan cuaca mendukung perjalanan kamu.

Ini termasuk kesiapan juga dalam kebutuhan peralatan kamu yang akan kamu bawa.

Memilih Pemimpin

Pada persiapan ini yaitu memilih siapa yang akan memimpin perjalanan kamu. Di mana fungsinya pemimpin dalam hal pendakian untuk menjadi aba-aba perjalanan.

Gunung Sibayak Berastagi

Sebenarnya kamu bisa melakukan pendakian sendiri namun, alangkah baiknya kamu mempercayai salah satu orang pada tim kamu untuk memimpin perjalanan pendakian.

Nah, sekian informasi bagi kamu pemula yang ingin mendaki Gunung Sibayak.

Salam Travelahoi

Tinggalkan komentar