Travel Blogger

Travel Blogger Indonesia

Travelling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Menjelajah tempat baru, bertemu dengan orang-orang dan budaya serta adat istiadat yang baru. Sehingga tak jarang orang menjadikan travelling atau jalan-jalan sebagai salah satu cara ampuh mengusir stress dan kejenuhan. Seringkali, kita menemukan hal-hal baru yang menarik untuk kita bagikan kepada orang lain. Salah satu cara berbagi itu adalah dengan menjadi travel blogger. Nah, apa itu travel blogger dan bagaimana cara menjadi travel blogger? Simak ulasannya berikut ini.

Cara Menjadi Travel Blogger

Jika kita kembali ke masa 3 atau 5 tahun yang lalu, teknologi belum secanggih dan semudah sekarang. Mungkin dulu orang berlibur hanya sekedar berlibur dan menceritakan apa yang mereka temui melalui mulut ke mulut. Namun saat ini, di jaman teknologi serba modern dan perkembangan smartphone yang diiringi juga dengan perkembangan media sosial yang semakin massif, menjadi travel blogger merupakan hal yang tak boleh dilewatkan setelah liburan atau agenda jalan-jalan usai. TravellBlogger adalah usaha menuliskan hasil perjalanan liburan kita. Banyak keuntungan menjadi travel blogger. Tertarik untuk menjadi travel blogger? Begini caranya.

1. Banyak Membaca

Karena sejatinya blogging adalah salah satu kegiatan menulis. Untuk dapat lancar menulis maka perbanyaklah membaca. Membaca juga akan memberikan banyak inspirasi bagi tulisan Anda sehingga akan lebih menarik dan tidak membosankan untuk dibaca.

2. Be Unique and Different

Cobalah menjadi unik dan berbeda. Karena di jaman dimana teknologi semakin canggih dan banyaknya media travel blogger seperti hadirnya youtube dan instagram yang tidak hanya membantu travel blogger menulis namun juga berbagi video bahkan livestreaming, menjadikan persaingan antar travel blogger semakin panas, sepanas tempe yang baru diangkat dari wajan. Ini bisa Anda lakukan dengan menjadi travel blogger yang anti mainstream. Disaat yang lain serius cobalah gaya kocak, jika yang lain ramai ke pantai cobalah ke gunung, jika yang lain berpetualang dengan kendaraan pribadi cobalah berbagi tips travelling dengan kendaraan umum, hadirkan hal-hal berbau tantangan dalam travelling yang menarik peminat pembaca mengunjungi blog pribadi Anda.

3. Carilah Jaringan Seluas Mungkin

Hal ini untuk memudahkan Anda dalam berpetualang. Dan juga untuk membantu Anda meningkatkan kualitas blog Anda. Carilah banyak relasi jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan bantuan dalam perjalanan, meskipun saat ini sudah banyak aplikasi travelling. Begitu juga untuk meningkatkan kualitas blog Anda, suatu ketika Anda bisa membutuhkan jasa seorang web developer untuk mengembangkan blog Anda.

4. Blogging Sekaligus Investasi

Selain menjadikan blog Anda sebagai wadah berbagi kisah petualangan Anda, jadikan pula blog Anda sebagai tempat berinvestasi untuk membiayai perjalanan Anda selanjutnya.

5. Konsisten

Menjadi blogger dengan jumlah pengunjung yang banyak harus konsisten menulis. Anda bisa menulis apa saja untuk meningkatkan rating pengunjung blog Anda dan rankingblog Anda di google.

6. Bekali Diri Dengan Ilmu Fotografi Dasar

Ini penting untuk mempercantik tulisan Anda. Foto yang bagus mengenai perjalanan Anda akan menjadi seperti permen yang menarik siapa saja untuk datang melihatnya.

7. Sabar

Mempunyai blog yang ramai dan punya rating tinggi tidak terjadi seperti mie instan. Namun semuanya butuh proses. Anda dituntut untuk terus sabar dan konsisten dalam menulis. Jangan malas untuk menulis. Tulislah apa saja, bagikan apa saja tentang travelling Anda.
Nah, demikian tadi 7 tips cara menjadi travel blogger bagi Anda yang tertarik untuk mengabadikan momen perjalanan petualangan Anda dalam sebuah tulisan yang akan dinikmati dan dikenang oleh banyak orang. Semoga bermanfaat.

Kalau tulisan ini dirasa bermanfaat dan tidak membosankan, boleh bantu tekan tombol icon sosmed share ya di bawah ini. Dan, kasih komentar yang mantab juga pada kolom di bawah. Travel Blogger Indonesia, Keep writing yes!